BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Di zaman yang sudah modern seperti saat
ini, kita tidak asing lagi dengan keberadaan smartphone. Penggunaan smartphone
saat ini semakin meningkat setiap tahunnya. Terdapatnya fitur-fitur media
sosial yang ditawarkan dan mudahnya mengakses internet di smartphone. Hal
tersebut membuat kita lebih mudah berkomunikasi dengan teman, sahabat, bahkan
dengan saudara yang sulit bertemu sekalipun. Fasilitas media sosial di
smartphone ini bukan hanya untuk komunikasi saja, namun dapat dimanfaatkan
untuk sarana promosi. Hal ini menjadi peluang besar untuk para produsen untuk
mempromosikan barang yang mereka jual. Apalagi saat ini menjadi tren berjualan
dengan smartphone dan fasilitas internet yang memadai. Tren yang sedang
mengemuka di Indonesia bahkan mancanegara adalah bisnis online atau yang lebih
dikenal dengan online shop.
Berbagai
macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari mulai baju, sepatu,
tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui
internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online shop, bisnis yang mudah
dijalankan dan murah, karena tidak terlalu mengeluarkan modal yang sangat
besar. Cukup dengan foto produk yang dijual serta posting foto tersebut di
media sosial. Tujuan
dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan
kesejahteran perekonomian perorangan yang bersifat pribadi dengan mengandalkan
internet yang sedang maju pesatnya bahkan saat ini menjadi gaya hidup sebagaian
orang.
1.2 Tujuan
Tujuan penulisan
makalah ini adalah mengetahui pengertian bisnis, tujuan bisnis dan pengertian
online shop.
BAB
II. KERANGKA BERPIKIR
2.1 Pengertian
bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk
mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy
yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Secara
etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk
melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis"
sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata
bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum),
teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan
yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis
pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas
yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi
"bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
2.2
Tujuan bisnis
Tujuan bisnis suatu perusahaan dapat kita lihat dari
berbagai macam kepentingan, baik owner, pesaing, supplier,
karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah.
Pada
umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun
secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan meliputi :
(1)
Profit,
(2)
Pengadaan barang atau jasa,
(3)
Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat,
(4)
Full employment,
(5)
Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
(6)
Kemajuan dan pertumbuhan,
(7)
Prestise dan prestasi.
Proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan sumber
daya ekonomi secara optimal bagi para pemilik sumber daya ekonomi atau
faktor-faktor produksi dan masyarakat pada umumnya. Para pemegang atau pemilik
faktor-faktor produksi ini memperoleh manfaat dan nilai ekonomi secara layak.
Bertitik tolak pada usaha pencapaian tujuan-tujuan tersebut,
maka tentunya proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan sumber daya
ekonomi secara optimal harus dilakukan dengan memperhatikan kepentingan dan
kemanfaatan bagi para pemilik sumber daya ekonomi atau pemilik faktor-faktor
produksi dan masyarakat pada umumnya.
Tercapainya tujuan
bisnis akan bersifat langgeng (lebih bersifat jangka panjang) kalau
didukung secara inclusif tercapainya tujuan para pihak yang terlibat dalam
kegiatan bisnis tersebut. Misalnya pihak tenaga kerja, supplier bahan, pemilik
modal dan pihak-pihak eksternal lainnya.
Dengan demikian, etika
bisnis meliputi keseluruhan proses manajemen perusahaan mengenai
pengelolaan sumber daya ekonomi di mana para pemilik sumber daya ekonomi ini
sama-sama memperoleh manfaat secara ekonomi yan layak. Di samping itu,
masyarakat mendapatkan manfaat sosial yang positif dengan adanya pemberdayaan
sumber daya ekonomi tersebut. Bagi para pemilik sumber daya ekonomi tentunya
manfaat tersebut diukur dengan ukuran ekonomi dan sosial yang layak.
Bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan juga
mendapat manfaat ekonomi dan manfaat
sosial dengan adanya perusahaan yang berdiri di masyarakat. Secara
sistematik kelayakan ukuran alokasi sumber daya ekonomi bagi pemilik sumber
daya ekonomi harus dilihat dari peran yang diberikan oleh masing-masing pihak
pemilik secara adil dalam proses pembentukan atau informasi nilai ekonomi yang
dibentuk oleh sistem bisnis yang berlaku di masyarakat.
2.3 Pengertian
online shop
Hampir semua
orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop, apalagi untuk
para wanita. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk
mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Atau sebuah media
yang memungkinkan customer membeli barang atau jasa secara langsung dari seller
dengan media internet menggunakan web browser. Dengan adanya online shop kita sebagai
pembeli bisa belanja berbagai macam kebutuhan tanpa harus bertatap muka dengan
penjual. Hanya dengan membuka internet atau handphone saja kita bisa belanja
tanpa harus keluar rumah.
Berikut ini beberapa kelebihan
bisnis secara online:
·
Anda
dapat membuka bisnis secara online Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa
hambatan ruang dan waktu.
·
Area
pemasaran yang sangat luas, dapat menjangkau pelanggan dan pasar baru di
seluruh penjuru dunia.
·
Meningkatkan
komunikasi dengan pelanggan Anda dimana saja.
·
Meningkatkan
aliran pendapatan Anda.
·
Memperbarui
informasi bisnis secara cepat.
·
Tidak
memerlukan kantor/tempat usaha ataupun gudang yang besar.
·
Dapat
dijalankan dimana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet tentunya.
·
Modal
relatif murah atau terjangkau oleh UMKM.
·
Mudah
dijalankan kapan saja dan dimana saja oleh siapa saja.
·
Menghemat
biaya promosi.
Tujuh kelemahan bisnis online/online
shop
1.
Masih
ada keragu-raguan yang berkembang di masyarakat
Keraguan
dari masyarakat jelas ini didapatkan karena saat ini telah marak para pengguna
bisnis online yang menggunakan bisnisnya untuk alasan penipuan semata. Sehingga
banyak para masyarakat yang curiga serta waspada ataupun ragu dari bisnis
online yang dijalankan. Dengan ini, produk yang diciptakan pun akan ikut
diragukan oleh para masayarkat sekitar.
Namun
hal demikian bukan semuanya dilakukan oleh para pebisnis, ada juga pebisnis
yang melakukan bisnisnya dengan disiplin serta menghargai masyarakat. Hal ini
sering menjadi kewaspadaan para calon pembeli yang akan membeli produk bisnis
online yang tengah dijalankan.
Hal
keraguan yang berkembang di masyarakat ini dapat diminimalisasi dengan banyak
cara diantaranya adalah memberikan informasi yang layak dan nyata serta tidak
menimbulkan pertanyaan atau kecanggungan terhadap produk yang ditawarkan.
Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendekatan dengan berbagai cara kepada
para konsumen baik itu memberikan diskon atau sebagainya supaya para konsumen
percaya akan produk dan bisnis yang dijalankan sehingga akan lebih mudah
mendapatkan pelanggan dan tentunya produk tidak banyak diragukan masyarakat
lagi.
2. Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah-ubah.
2. Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah-ubah.
Dalam
melakukan suatu bisnis terutama bisnis online tentunya yang menjadi kendala
berikutnya adalah biaya pengiriman. Semakin jauh lokasi konsumen yang akan
dikirimi barang pesanannya maka akan semakin mahal pula biaya pengiriman yang
akan dikeluarkan. Biaya pengiriman tentunya tidak sedikit dan tidak konstan
karena hampir tiap tahun bahkan kurang dari satu tahun biaya pengiriman selalu
meningkat dan tidak stabil.
Namun
adakalanya seorang pebisnis mendapatkan keuntungan biaya pengirimannya relatif
lebih murah dari biasanya, akan tetapi ini sangat jarang ditemukan. Biasanya
waktu-waktu seperti ini ditemukan saat deposit pendapatan negara naik sehingga
akan menguntungkan sekali bagi para pedagang ataupun pebisnis online yang akan
mengirim barang kepada para konsumennya.
Naik
atau turunnya biaya pengiriman memang tidak dapat diperkirakan bahkan tidak
dapat dihitung kenaikan atau penurunannya dengan stabil, akan tetapi ada cara
tersendiri untuk menanggulangi masalah seperti ini yaitu dengan memperkirakan
waktu-waktu kapan deposit negara akan naik ataupun dengan mengemas barang dalam
kemasan yang semini mungkin sehingga pengiriman tidak perlu butuh double cost.
3. Beberapa jasa pengiriman tidak melayani kiriman ke daerah tertentu.
Selain
kelemahan diatas, ada juga kelemahan yang terdapat pada jasa pengiriman barang.
Terkadang suatu jasa pengiriman barang tidak melayani pengiriman barang di
lokasi ataupun daerah-daerah tertentu. Ini akan sangat menjadi kendala bagi
para pebisnis online yang memang mempunyai pelanggan dari daerah yang tidak
tercantum di daerah jasa pengiriman barang namun harus mengirim barang
secepatnya. Hal seperti ini yang sering ditakuti oleh hampir semua kalangan
pebisnis online besar.
Kelemahan
yang satu ini memang sangat menjadi kendala yang susah untuk dipecahkan apalagi
jika seorang pebisnis berada di daerah tertentu yang memang hanya menjangkau di
satu jasa pengiriman saja. Demikian jelas akan merugikan para pebisnis karena
tentunya harus mengirim barang yang dipesan secara spesifik baik dari
transportasi dengan mengirimkan petugas ataupun yang lain yang sekiranya lebih
membutuhkan banyak uang.
Akan
tetapi kelemahan seperti ini setidaknya dapat diminimalisasi dengan mempunyai
berbagai cabang jasa pengiriman sehingga cabang jasa tidak hanya satu namun
terletak di berbagai daerah sehingga akan lebih mudah untuk menanggulangi jika
suatu saat terjadi kendala seperti ini.
4. Biaya koneksi internet di
Indonesia masih terbilang mahal.
Di Indonesia biaya akses internet
masih tergolong mahal, berbeda dari negara-negara lain yang memang sudah maju
dengan mengutamakan koneksi internet sehingga akan lebih mudah dalam mengupdate
sesuatu tanpa harus susah-susah mencari koneksi internet yang mahal dan tidak
semua area memiliki. Di negara-negara lain terutama negara yang maju, koneksi
internet tersambung hampir setiap area sehingga akan memudahkan masyarakat
untuk berinteaksi dengan berbagai informasi di dunia maya.
Kendala seperti ini jelas menjadi
suatu kelemahan tersendiri untuk para pebisnis online di Indonesia karena
bisnisnya harus didasari dengan koneksian internet dimana koneksi internet di
Indonesia masih mahal dan tentunya masih minim. Namun hal ini dapat
diminimalisir dengan mempunyai media tersendiri untuk koneksi internet misal
memasang wi-fi atau memiliki modem sendiri sehingga kan semakin mudah dan lebih
menghemat biaya.
5. Susah meyakinkan diri untuk
mengeluarkan modal
Modal adalah hal terpenting yang
harus dipenuhi untuk setiap usaha yang akan atau tengah dijalankan. Memang
modal yang dibutuhkan saat akan melakukan suatu investasi usaha ataupun yang
lain tidak sedikit, hal ini yang sering menjadi bahan pertimbangan para
pebisnis online untuk mengeluarkan modal ataupun tidak.
Tentunya modal juga merupakan suatu
pondasi usaha untuk menjalankan usaha bisnisnya. Dalam mengeluarkan modal
haruslah yakin dengan modal yang akan dikeluarkan pasti akan mendapatkan
keuntungan. Jangan sekali-kali canggung dalam mengeluarkan modal karena hal
demikian jelas akan menurunkan mental Anda dalam melakukan investasi usaha
ataua produk.
6. Waktu untuk belajar bisnis
online lama
Belajar berbisnis online memang
tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus telaten dan tentunya sabar
dalam menghadapi segala hambatan ataupun kelemahan. Belajar berbisnis online
tidak cukup hanya sekedar saja atau hanya dalam waktu yang relatif singkat. Hal
demikian yang biasanya membuat bosan para calon pebisnis online shop dan
kebanyakan dari mereka akan menganggap bisnis online shop adalah bisnis yang
membutuhkan waktu lama serta susah.
7.
Awal memulai bisnis online biasanya membutuhkan waktu yang banyak
Memulai suatu bisnis memang tidak segampang dengan apa yang dipikirkan, berbisnis terutama bisnis online shop tentunya juga harus menanamkan pondasi kuat terebih dahulu supaya bisnis yang akan dijalankan tertata dengan pasti. Untuk itu, diperlukan waktu yang relatif lama untuk membentuk pondasi yang kuat dari bisnis online shop. Hal ini jelas akan menghabiskan banyak waktu dan bagi para pebisnis yang memang memilih untuk instan biasanya merasa tidak sabar dan menganggap binis online tidak cocok dengan apa yang ada dalam dirinya.
Memulai suatu bisnis memang tidak segampang dengan apa yang dipikirkan, berbisnis terutama bisnis online shop tentunya juga harus menanamkan pondasi kuat terebih dahulu supaya bisnis yang akan dijalankan tertata dengan pasti. Untuk itu, diperlukan waktu yang relatif lama untuk membentuk pondasi yang kuat dari bisnis online shop. Hal ini jelas akan menghabiskan banyak waktu dan bagi para pebisnis yang memang memilih untuk instan biasanya merasa tidak sabar dan menganggap binis online tidak cocok dengan apa yang ada dalam dirinya.
BAB
III PEMBAHASAN HASIL WAWANCARA
3.1 Latar belakang
Pengusaha wanita memang sekarang sudah
merajarela, apalagi untuk usaha baju ataupun aksesoris wanita lainnya. Mengapa
banyak wanita zaman sekarang lebih suka menjual barang-barang yang menjadi
kebutuhan mereka, salah satunya adalah karena mereka suka berbelanja dan
bingung mau diapakan barang yang mereka belanjakan. Terkadang wanita belanja
bukan karena kebutuhan tapi karena keinginan, statement mereka, “nanti juga
butuh kok.” Kata simpel ini membuat banyak barang yang tidak mereka butuhkan
bertumpuk oleh karena itu mereka mencoba menyalurkan hobi berbelanja mereka
dengan membelikan barang-barang yang dipesan oleh pembeli mereka. Jadi, hobi
tersalurkan dan dapat keuntungan pula.
Begitu pula dengan wanita 24 tahun ini,
Sheilla Rizkia Ferianty. Sheilla panggilan akrabnya membuat usaha yang menjadi
kebutuhan atau yang sering digunakan wanita, yaitu tas. Dengan nama produk
Heejou, Maika, dan Mokamula. Produk ini adalah hasil karya dari dalam negeri
sendiri, yang diproduksi di kota Cimahi dan Bogor. Walaupun baru merintis dari
2004 silam, namun dapat dikatakan cukup lumayan sukses. Wanita yang sudah
menikah ini mengundurkan diri dari tempat bekerjanya karena tertarik dengan
dunia bisnis. Apalagi untuk bisnis produk dalam negeri ini. Ingin mengenalkan
produk dalam negeri ke luar negeri.
3.2 Visi dan misi
Visi dan misi tak seperti kebanyakan
pengusaha lain. Menurutnya tidak ada visi dan misi yang formal, niatnya hanya
karena Allah dan supaya sedekahnya bisa lebih banyak lagi.
3.3
Rencana jangka pendek dan jangka panjang
Sheilla memiliki rencana yang tak
muluk-muluk bukan berarti beliau tak ingin maju, namun menurutnya
sedikit-sedikit asalkan produk ini digunakan di negeri sendiri dulu. Untuk itu
ia ingin membuat website sendiri. Agar ia bisa menjualnya secara lebih luas
lagi. Untuk saat ini beliau juga belum memiliki toko sendiri, karena beliau
baru memasarkannya secara online. Kedepannya beliau ingin memiliki toko sendiri
dan website sendiri. Jadi, produk buatan anak bangsa dapat dikenal juga di
seluruh Indonesia maupun luar negeri. Produk asli Cimahi ini memiliki kualitas
yang bagus dan juga unik.
3.4
Pencapaian dari rencana tersebut
Wanita ini memang menginginkan memiliki
usaha sendiri, untuk itu beliau mengundurkan diri dari pekerjaannya. Beliau
ingin membuka lapangan perkerjaan untuk orang lain. Dan akhirnya itu
terlaksana, saat ini beliau sudah memiliki beberapa reseller. Walaupun saat ini
belum memiliki toko sendiri, namun beliau sudah membukanya di rumah secara
kecil-kecilan. Produk ini dipasarkan secara online, yaitu di Instagram. Dengan
nama account @sheilla_shop.
3.5
Cara pemasaran
Cara pemasaran produk tas-tas bagus dari
daerah Cimahi dan Bogor ini dengan Paid
promote dan join di grup muslimahpreneur. Menurut beliau cara ini juga mampu
meningkatkan penjualan produk-produknya. Produk yang beliau jual ini juga tak
kalah dengan produk impor dari luar negeri. Produk yang berdesain unik untuk
para wanita yang dinamis.
Contoh
Produk @sheilla_shop
3.53.6
Analisis SWOT
Bisnis
online shop milik Sheilla ini sangat menjanjikan sekali karena memiliki desain
yang unik untuk setiap produk tasnya. Bentuk desain yang unik ini membuat tidak
pasaran. Menurut salah satu pelanggannya, ketika dia melihat barang-barang di
instagram Sheilla ini sangat tertarik ditambah saat barang tersebut sudah
sampai ditangan pelanggan tersebut tidak mengecewakan. Apa yang pelanggannya
liat di instagram sama dengan aslinya. Apalagi dengan harga yang relatif terjangkau
dengan kualitas bahan dan desain yang tak pasaran, membuat @sheilla_shop
berkembang. Bahkan sampainya barang ketangan pelanggan tepat waktu sesuai
dengan perjanjian. Memang setiap barang memiliki kelebihan dan kekurangan itu
sangat wajar. Walaupun produk tas ini sangat unik dan bagus, namun update
modelnya agak lama. Update model tas ini setahun sekali. Mungkin karena ini
produk rumahan jadi agak sedikit lamban dalam pengembangan modelnya. Untuk itu
beliau harus selalu dituntut kreatif agar tak tergerus oleh model-model tas
impor yang ada dipasaran.
BAB IV KESIMPULAN
Dari
beberapa uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa, bisnis adalah
terjadinya transaksi jual beli yang berangsur-angsur atau berkelanjutan denga
mendapatkan keuntungan atau laba. Bisnis online atau online shop adalah cara
bertransaksi jual beli yang di fasilitasi oleh media sosial, contohnya
instagram dengan akses internet yang memadai. Tanpa harus bertatapan muka antar
penjual dan pembeli. Walaupun bisnis online ada keuntungannya, salah satunya
tidak membuang-buang waktu, namun juga ada kekurangannya salah satunya adalah
biaya ongkos kirim yang berubah dan juga barang yang tak dapat dipegang secara
langsung.
Di
Indonesia sendiri bisnis online sudah merajai, sekalipun masih ada beberapa
orang yang ragu akan kualitas barang yang tak sesuai. Disini penjual online
harus lebih memperhatikan barang yang mereka pasarkan, contohnya adalah
@sheilla_shop ini. Barang yang ditawarkan bagus, unik, dan berkualitas. Jadi
tak heran jika banyak yang ingin membelinya baik digunakan sendiri ataupun
untuk hadiah orang terdekat.
_zulie_
Komentar
Posting Komentar