Covid-19

Corona Virus 

Hasil gambar untuk gambar virus



Kenapa bisa muncul wabah corona virus yang sebelumnya belum pernah ada sama sekali di bumi ??

kenapa juga virus ini menyebar begitu cepat?

Aspek medis apa aja yang peru diketahui tentang virus ini?


corona virus memiliki dua nama official yaitu
nCoV dan SARSCoV2
Menurut Dr. Krisna dua nama ini sama saja, nah penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut COVID-19.

kenapa yang bisa muncul virus baru pada diri manusia jadi menurut Dr. Krisna virus-virus baru muncul dari hewan. Berdasarkan penelitian bahwa nCoV ini berasal dari kelelawar, bahwa kelelawar merupakan spesies yang mengandung corona virus yang paling beragam. So, kenapa virus yang tadinya ada di hewan ini bisa menginfeksi manusia??
Ada dua aspek penting yakni
1. Adanya kontak antara manusa dan hewan
2  hewan yang memiliki virus nCoV beradaptasi dari tubuh hewan ke tubuh manusia. 
Kelelawar yang mengandung nCov berkontak dengan manusia yang ada di Wuhan. nCoV ini memiliki adaptasi pada tubuh manusia akibatnya adanya penularan nCoV dari manusia ke manusia lainnya tanpa adanya paparan dari kelelawar.

Kenapa penularannya bisa cepat bangettt??
Salah satu hal yang mempengaruhi transmisi infeksi adalah rute atau jalannya virus memasuki tubuh.
nCoV ini spesifik yang diserang adalah organ paru-paru, karena ada komponen sel  di paru-paru yang dikenali oleh nCoV. Komponen ini yang ada di paru-paru ini dijadikan oleh nCoV sebagai media untuk memasukin sel tersebut. Nah, jadinya nCoV ini dapat dikeluarkan oleh tubuh orang yang menderitanya melalui lendir pernafasan, tanpa disadari lendir pernafasan itu dapat keluar saat kita bernafas seperti biasa sekalipun. Apalagi orang yang bersin atau batuk kan mengeluarkan lendir yang banyak dan secara cepat. Nah kita nga tau deh lendir tersebut mengandung nCoV atau nggak?

nah apakah lendir di dalam nCoV dapat menembus kulit? 
Jawabannya TIDAK.

Jadi orang yang kontak dengan langsung penderita Covid-19 ini beresiko tinggi terinfeksi jika lendir pernafasan itu mengenai secara langsung rongga mulur, rongga hidung atau pada mata. 

Berdasarkan data akhir di WHO pada tanggal 5 Maret 2020  sebanyak 95000 kasus dengan 2200 kasus baru dalam 1 hari di seluruh dunia. Total 85 negara sudah melaporkan positif covid-19 dan terdapat 3200 kematian akibat covid-19, 3000 orang di antarnya terjadi di Cina artinya tingkat kematian Covid-19 di seluruh dunia 3,3%.

Apa aja penyebab meningkatnya resiko kematian akibat Covid-19? 
dari data penelitian, resiko kematian pasien positif nCoV ini akan meningkat apabila usia diatas 60 tahun dan memiliki penyakit penyerta seperti jantung, paru-paru yang menahun. Semua virus yang menyerang pernafasan memiliki ciri yang mirip-mirip anpa terkecuali nCov ini. 
98 % pasien positif nCoV mengalami demam, 3/4 batuk-batuk, dan 1/2 merasakan sesak, gejala tambahan lain rasa lelah dan nyeri otot. 
semua gelaja tersebut dapat dicurigai ketika memiliki riwayat berpergian keluar negeri/negara-negara tertentu dalam 14 hari sebelum kemunculan gejala atau kontak langsung dengan pasien positif nCoV.

Kementerian kesehatan RI mengumumkan 100 daftar RS yang menjadi rujukan kasus Covid-19 di seluruh Indonesia, tiga diantaranya yang ada di Jakarta yaitu RSPI, RS Persahabatan, dan RSPAD Gatot Subroto. 

Hal biar nggak terinfeksi nCoV, antara lain
1. Cuci tangan/ membersihkan tangan secara rutin dengan menggunakans sabun dan air bisa juga dengan hand sinitizer berbasis alkohol.
Cuci tangan dengan sabun lebih baik karena dapat membersihkan virus, bakteri, bahkan logam yang ada di tangan kita. 
2. Be Mindful , jangan sampai kalian menyentuh rongga mulut, hidung ataupun mengucek-ucek mata sebelum mencuci tangan.
3. Mempraktikkan higienitas saluran napas atau respiratory hygiene. ini adalah ketika kita batuk/ bersin kita menutup hidung dengan tissue. atau ketika nggak ada tissue menutup hidng/mulut menggunakan lengan atas kamu bukan dengan telapak tangan kamu. Tissue yang tlah digunakan untuk menutup hidung/mulut segera dibuang dan segera cuci tangan begitu juga dengan lengan atas harus cuci tangan. ha tersebut dapat mencegah penyebaran virusnya. 
4. Ketika ada orang sekitar kita yang sedang sakit batuk/bersin-bersin setidaknya menjaga jarak 1 meter.  Jarak 1 meter ini adalah jarak maksimal lendir pernapasan orang lain dapat kita hirup tanpa sengaja.
5. Jika lagi SAKIT, jangan memaksakan diri, istirahat dulu sampai benar-benar sembuh.
6. Take a deep breath and dont panic! setiap baca berita kita harus kritis, balik lagi ke data yang memiliki keakuratan. 

Sebagian besar virus itu sifatnya self-limiting artinya dengan sistem kekebalan tubuh yang kita miliki sebenarnya mampu mengalahkan virus tersebut ada pengecualian untuk virus HIV dan Hepatitis B. 
Golongan Coronavirus dan virus penyerang sistem pernapasan bersifat self-limiting sebagian besar obat-obat antivirus yang sudah ada sifatnya hanya membantu mempercepat penyembuhan tanpa obat-obat tersebut, virus akan dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh yang kita miliki jika sistem kekebalan tubuh kita optimal. jadi, kita bisa mengupayakan optimalisasi sistem kekebalan tubuh kita.

Cara mengoptimalisasi sistem kekebalan tubuh:
1. Makan makanan bergizi
2. Olahraga teratur
3. Istirahat yang cukup


TETAP TENANG TAPI TETAP WASPADA!!


_Dr. Krisna 


Komentar